in ,

Mengungkap Fakta Unik Di Balik Nama Besar Google Yang Berawal Dari Salah Ketik

Fajar.Ikhtisar.net_ Raksasa Google merayakan ulang tahun yang ke-22 jatuh tepat pada tanggal 27 September 2020. Walaupun sudah sangat familiar bagi para pengguna internet jaman modern, namun belum banyak yang mengetahui bahwa nama mesin pencari ini sebenarnya berasal tindakan salah tulis atau salah ketik.

Sejarah Google bermula dari sebuah proyek yang dijalankan oleh 2 sahabat yakni Larry Page dan Sergey Brin pada tahun 1996.

Kedua sahabat yang tercatat sebagai mahasiswa pascasarjana di Stanford University itu mengembangkan mesin pencari awalnya bernama “BackRub“, yang dimana untuk mengoperasikankan harus numpang menggunakan server di kampus mereka.

Tepat pada tahun 1997, Larry page berniat menggantikan nama BackRub dengan nama lain. Lantas Dia pun berdiskusi dengan teman-teman mahasiswa lainnya, termasuk seorang kolega bernama Sean Anderson.

Dari diskusi tersebut munculan usulan nama “Googol“, yakni istilah dalam dunia matematika untuk angka 1 yang diikuti oleh 100 angka nol. Nama ini digunakan untuk menjelaskan misi dari sang mesin pencari sebagai gudang informasi tak terbatas di dunia internet.

Setelah sepakat, kemudian Sean mencari apakah domain “Googol.com” sudah digunakan atau belum. Tapi, dari kecerobohan jadi dia salah mengetik sebagai “Google.com“.

Walaupun demikian, sebagaimana dilansir dari Business Insider, Minggu (27/9/2020), ternyata Larry suka dengan nama “Google”. Domain Google.com dan pada saat itu masih belum dipakai orang lain.

Makan dari situlah nama Google bermula akibat salah ketik yang di lakukan oleh Sean.

Jika kalian perhatikan halaman antar muka Google tampil bersih sejak kali pertama beroperasi karena dari kedua pendirinya tidak menguasai bahasa pemrograman HTML.

Page dan Brin juga menginginkan mesin pencari dengan antarmuka yang ringkas. Oleh sebab itu, pencarian melalui Google dibuat sederhana mungkin. Pengguna cukup masukan kata kunci yang ingin dicari kemudian menekan tombol Enter.

Halaman: 1 2

Rekomendasi

Real Atau Hoax? Mengubah Hero Trial Jadi Diamond di Game Mobile Legends

Berikut Ini 5 Hero Terbaik Mobile Legends Season 18 untuk Push Rank, Dijamin Naik Sampai Mythic!