in

INFO TERBARU!!! Cara Cek Penerima BLT Anak Sekolah di cekbansos.kemensos.go.id, Berikut Syarat Dapat Rp4,4 Juta

Fajar.ikhtisar.net – Bagi seluruh siswa/siswi SD, SMP, dan SMA yang namanya sudah terdata di DTKS buruan cairkan bansos senilai Rp4,4 juta pada Oktober 2021.

Bagi yang belum pernah memperoleh bantuan ini, simak baik-baik cara daftar BLT anak sekolah 2021 secara online melalui HP dan juga syarat daftar bantuan berikut ini.

Baca Juga: PENGUMUMAN PENTING! Bantuan Anak Sekolah Telah Cair Total Rp4,4 Juta Untuk Siswa SD hingga SMA, Berikut Cara Mendapatkannya

Perlu kalian ketahui bahwa BLT anak sekolah 2021 adalah salah satu bansos program keluarga harapan (PKH) dari Kementerian Sosial (Kemensos).

Apa saja tahapan cara daftar BLT anak sekolah online melalui HP di DTKS Kemensos dan syarat agar siswa SD, SMP, SMA bisa dapatkan bansos Rp4,4 juta?

Syarat-syarat dan cara mudah daftar BLT anak sekolah 2021

Baca Juga: Berikut Ini Syarat Dan Cara Cek BLT Anak Sekolah Terbaru 2021

Sebagaimana yang telah dijelaskan diatas bahwa, BLT anak sekolah 2021 untuk siswa SD, SMP, SMA dengan sasarannya salah satu penerima bansos PKH Kemensos.

Jadi menyangkut dengan syarat hingga cara daftar BLT anak sekolah 2021 online di DTKS Kemensos akan sama dengan alur pendaftaran PKH.

Syarat untuk daftar DTKS Kemensos, ada pula syarat khusus yang wajib dipenuhi siswa SD, SMP, SMA setelah terdaftar di DTKS Kemensos.

Baca Juga: Rejeki Berlimpah 20 September 2021, Berikut Ini Cara Cek Pengumuman Penerima Banpres PNM Mekar Rp1,2 Juta, Bermodalkan KK Dan KTP

Penjelasan lengkap tentang syarat-syarat daftar BLT anak sekolah tahun2021.

1. Syarat-syarat DTKS Kemensos untuk memperoleh BLT anak sekolah 2021

– Siswa yang berhak menerima BLT anak sekolah 2021 merupakan masyarakat yang terdampak Covid-19.

– Siswa yang berhak menerima BLT anak sekolah 2021 merupakan masyarakat yang tergolong miskin/rentan miskin.

Baca Juga: Mengapa Cek Penerima BLT UMKM PNM Mekar Tahap 3 2021 di Banpresbpum.id Sering Eror? Begini Cara Mengatasinya

2. Syarat-syarat khusus untuk mendapatkan BLT anak sekolah 2021

– Calon penerima BLT anak sekolah 2021 namanya telah terdaftar di lembaga pendidikan formal atau non-formal sesuai daerah masing-masing.

– Buat siswa yang telah memiliki kartu KIP harus terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) lembaga pendidikan.

– Para calon penerima BLT anak sekolah 2021 wajib mempunyai Kartu Indonesia Pintar (KIP).

– Buat siswa yang belum memiliki kartu KIP, para orang tua siswa bisa mendaftar terlebih dahulu di lembaga pendidikan setempat.

– Orang tua siswa harus membawa kartu KKS yang sudah didapatkan saat daftar DTKS Kemensos atau Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang diminta dari RT/RW hingga kelurahan sebagai syarat utama pendaftaran kartu KIP.

Baca Juga: PENGUMUMAN PENTING HARI INI!!! Ini Jadwal Terbaru Banpres BPUM Tahap 3 2021 Kapan Cair, Pelaku UMKM Tak Terdaftar Bisa Dapat BLT

3. Tahapan-tahapan cara mendaftar BLT anak sekolah 2021

Untuk proses dan cara daftar BLT anak sekolah 2021 di DTKS Kemensos, selain secara offline, saat ini juga bisa diakses secara online sebagaimana pendaftaran bansos PKH 2021,

Namun untuk daftar BLT anak sekolah 2021 secara online tidak pada semua sesi pendaftaran.

Berikut ini tahapan cara daftar BLT anak sekolah online 2021 dapat juga dilakukan saat kalian melakukan pengusulan mandiri di DTKS Kemensos, setelah melalui tahapan berikut ini.

– Setelah daftar, maka data akan dimusyawarahkan oleh pihak desa/kelurahan guna menetapkan kelayakan masuk DTKS Kemensos.

– Dan Hasil musyawarah DTKS Kemensos akan dibuatkan dalam bentuk berita acara yang ditandatangani oleh kepala desa/lurah dan perangkat desa lainnya.

– Kemudian berita acara tersebut akan digunakan oleh Dinas Sosial untuk diverifikasi dan divalidasi datanya dengan instrumen lengkap melalui kunjungan rumah tangga.

– Setelah itu, data DTKS Kemensos yang telah diverifikasi dan validasi akan diinput di aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial (SIKS) oleh operator desa/kecamatan.

– Jika data sudah diinput di SIKS, selanjutnya akan diproses oleh Dinas Sosial untuk verifikasi dan validasi dan dilaporkan ke bupati/wali kota.

– Setelah itu, bupati/wali kota menyampaikan hasil verifikasi dan validasi data DTKS Kemensos yang telah disahkan kepada gubernur, kemudian diteruskan kepada menteri.

– Data yang sudah lengkap, selanjutnya diproses oleh Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA), kantor kelurahan, dan kantor wali kota/kabupaten.

Sementara itu, untuk tahapan cara daftar BLT anak sekolah 2021 online, bisa dilakukan masyarakat hanya dengan menggunakan HP dengan langkah berikut.

– Siapkan terlebih dahulu HP dan NIK KTP.

– Buka Play Store setelah itu download dan instal aplikasi Cek Bansos.

– Kemudian masuk ke aplikasi Cek Bansos, kemudian pilih menu daftar usulan untuk daftar diri, keluarga atau masyarakat yang sudah terdata di DTKS Kemensos agar bisa dapatkan bansos PKH.

– Selanjutnya, sistem secara otomatis mencocokkan nama, data NIK, data KK, status kesesuaian Dukcapil, dan kesesuaian pengusul sesuai data DTKS Kemensos.

– Terakhir, pilih bansos PKH Kemensos.

Bagi siswa SD, SMP, SMA yang berhak menerima BLT anak sekolah 2021, berhak mendapatkan bansos Rp4,4 juta yang jadwal pencairannya dijadwalkan hingga Desember 2021.

Adapun siswa SD, SMP, dan SMA yang berhak mendapat BLT anak sekolah 2021 ini akan mendapatkan bansos Rp4,4 juta dengan rincian sebagai berikut:

  1. Siswa SD sederajat dapat BLT anak sekolah 2021 Rp900.000 per tahun.
  2. Siswa SMP sederajat akan dapat BLT anak sekolah 2021 Rp1,5 juta per tahun.
  3. Siswa SMA sederajat akan dapat BLT anak sekolah 2021 Rp2 juta per tahun.

Perlu diketahui bahwa Kemensos meminta masyarakat agar dapat mendaftarkan bansos Kemensos di DTKS Kemensos, termasuk dalam program BLT anak sekolah 2021.

Pasalnya, BLT anak sekolah 2021 merupakan program bansos regular dari Kemensos yang masih akan diberikan hingga Desember 2022.

Untuk proses pencairan tahun 2021, Kemensos masih menyalurkan 30,1 juta KPM PKH secara keseluruhan.

Demikianlah informasi singkat tentang BLT Anak Sekolah Rp 4,4 Juta Oktober 2021. Semoga bermanfaat.

SIMAK JUGA

Sering Gagal Dapat BLT UMKM! Wajib Lakukan Ini Jika Belum Dapat Banpres BPUM BRI dan BNI Gelombang 3, Rp 10 Juta Langsung Masuk Rekening

Terbaru 7 Kode Redeem Free Fire 16-17 Oktober 2021, Dapatkan Ratusan Diamond Gratis