in

Wajib Tahu! Ketentuan, syarat dan cara daftar untuk Mendapatkan BPUM Rp 1,2 juta Dari Jokowi

Fajar.Ikhtisar.net – Pemerintah terus menyalurkan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau yang lebih kita kenal dengan sebutan BLT UMKM, seperti BLT pada umumnya dimana BLT UMKM dipastikan akan berlanjut pada tahun 2021. Namun tak seperti tahun sebelumnya yakni tahun 2020, besaran bantuan kali ini yang disalurkan pemerintah adalah Rp 1,2 juta sesuai dalam Permenkop UKM Nomor 2 Tahun 2021. 

Lantas ada yang banyak di tanyakan di status media sosial, apakah penerima BLT UMKM 2020 akan bisa mendapatkan kembali dana bantuan itu tahun ini? 

Berikut ini aturan yang tercantum dalam Permenkop UKM Nomor 2 Tahun 2021: simak penjelasannya dibawah ini:

Baca Juga: Cara Mudah Cek Banpres BNI Mekar dan Bantuan BPUM E-FORM BRI Terbaru 2021

Pahami Ketentuan Permenkop UKM 

Sesuai Permenkop UKM Nomor 2 Tahun 2021, para penerima BPUM tahun anggaran sebelumnya bisa mendapatkan kembali BPUM pada 2021 ini. 

Hal demikian tertera dalam Pasal 4 ayat 1 yang menyebutkan BPUM diberikan kepada pelaku usaha mikro yang: 

a. Kalian yang belum pernah menerima dana BPUM; dan atau, 

b. Bagi kalian yang telah menerima dana BPUM tahun anggaran sebelumnya. 

Selain itu disebutkan dalam ayat 2, ketentuan yang mengatur pelaku usaha mikro yang sebagaimana dimaksud ayat 1 tidak sedang menerima KUR. 

Baca Juga: Informasi Terkini: Bagi Bapak/Ibu Penerima Bantuan PKH! Kemensos Akan Berhentikan 30% Kepesertaan, Berikut Alasannya..

Melalyi Kemenkop UMK Anang Rachman selaku Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) secara tegas mengatakan, bahwa dana bantuan itu akan dikirim langsung ke rekening penerima. Namun, proses pencairan harus tetap ke bank untuk proses validasi, seperti sebelumnya. 

“Langsung masuk ke rekening, tapi untuk pencairan tetap ke bank untuk tanda tangan SPTJM (Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak),” kata Anang kepada Kompas.com, Senin (5/4/2021).

Halaman: 1 2 3

Rekomendasi

Buruan Kliam Kode Redeem FF 3,5M Followers IG

Daftar 5 Hero MLBB Yang Akan Selalu Kuat Di Semua Meta