in

Ungkap Hal Mendasar Ruangguru Resmi Mundur dari Platform Digital Kartu Prakerja Jokowi

Fajar.Ikhtisar.net_Seperti yang kita ketahui bahwa Program Kartu Prakerja saat ini sudah memasuki gelombang 7, yang sebelumnya telah resmi dibuka pada Kamis (3/9/2020) pukul 12.00 WIB.

Meskipun gelombang 7 belum ditutup secara resmi dan masih berjalan, namun ironisnya Ruangguru secara resmi mundur dari kerja sama di program Kartu Prakerja sebagai salah satu platform digital.

Saat dimintai keterangan terbaik pemberitaan yang beredar, Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Louisa Tuhatu membenarkan adanya informasi tersebut.

“Saat ini Ruangguru tidak lagi terdaftar sebagai platform digital di Kartu Prakerja,” kata Louisa saat dihubungi Kompas.com, Jumat (4/9/2020).

Walaupun demikian, Louisa tidak menjabarkan lebih jauh terkait alasan Ruangguru mundur sebagai salah satu mitra platform digital Kartu Prakerja Louisa tersebut.

Ia pun meminta mengonfirmasi hal itu secara langsung kepada pihak Ruangguru.

“Kalau mau tahu lebih jauh, mungkin bisa menghubungi Ruangguru saja ya,” jelas Louisa.

Dengan resmi mundurnya Ruangguru ini, makan mitra platform digital di Kartu Prakerja tinggal tersisa tujuh lembaga.

Mereka diantaranya Bukalapak, MauBelajarApa, Pintaria, Sekolah.mu, Tokopedia, Pijar Mahir, dan Sistem Informasi Ketenagakerjaan (Sisnaker).

Berikut Syarat dan cara mendaftar di kartu Prakerja

Syarat utama yang harus dipenuhi peserta yang ingin mendaftarkan Kartu Prakerja adalah Warga Negara Indonesia (WNI) dan minimal berumur 18 tahun.

Selain itu peserta juga tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

Bagi peserta yang ingin melakukan pendaftaran program Prakerja gelombang 7 dapat mengakses laman resmi Prakerja: www.prakerja.go.id.

Berikut cara daftar Kartu Prakerja gelombang 7:

  1. Setelah mengakses laman resmi Prakerja selanjutnya masukkan nama lengkap, alamat e-mail, dan kata sandi usahakan yang mudah di ingat
  2. Cek e-mail dari Kartu Prakerja dan ikuti petunjuk konfirmasi akun e-mail. Setelah itu, kembali lagi ke situs Prakerja.
  3. Masuk ke akun dengan alamat e-mail serta kata sandi yang baru dibuat
  4. Masukkan nomor KTP dan tanggal lahir lalu klik “Berikutnya”
  5. Isi data diri di form pengisian (nama lengkap, alamat e-mail, alamat tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status kebekerjaan, foto KTP, dan foto selfie dengan KTP), lalu klik “Berikutnya”
  6. Masukkan nomor telepon dan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS.
  7. Ikuti tes motivasi selama 1 menit Tunggu e-mail pemberitahuan setelah tes selesai dikerjakan.
  8. Jika sudah mendapatkan e-mail pemberitahuan kembali ke situs dan gabung ke gelombang pendaftaran.

Insentif yang didapat

Peserta yang mengikuti Prakerja pada tahap akhir setelah menyelesaikan pelatihan akan mendapatkan insentif.

Insentif yang akan diterima peserta selain saldo pelatihan juga terdapat dua jenis insentif yakni Insentif sebesar Rp 600.000 yang akan diberikan setiap bulan, selama 4 bulan, ada pula insentif survei senilai Rp 50.000, dan akan ada 3 kali survei.

Agar bisa memperoleh insentif peserta harus menyelesaikan pelatihan prakerja dibuktikan dengan sudah diterimanya sertifikat.

Program Kartu Prakerja masih akan berlangsung beberapa gelombang lagi.

Seperti diberitakan sebelumnya, jika konsisten membuka pendaftaran dengan kuota 800.000 orang pada setiap gelombang, maka target 5,6 juta peserta program Kartu Prakerja akan tercapai dengan empat gelombang pendaftaran lagi.

Sejauh ini, sudah ada 3,08 juta orang yang lolos sebagai peserta program Kartu Prakerja.

SIMAK JUGA

Skin Mobile Legends (ML): Tips mendapatkanya Secara Gratis

Cara Dapatkan Gloo Wall Hysteria Free Fire Gratis