TikTok dan “Mobile Legends” Dan Alpikasi Lainya Diblokir Pemerintah India, Mengapa?

4

fajar.ikhtisar.net Aplikasi yang kini tengah naik daun, TikTok, tak lagi bisa digunakan di India. Sebab, pemerintah India memutuskan memblokir 59 aplikasi asal China yang beredar di negara tersebut.

Keputusan ini diambil setelah konflik yang terjadi di wilayah Ladakh, perbatasan antara China dan India menjadi semakin panas. Tercatat sekitar 20 tentara India tewas setelah bentrok dengan tentara China.

Selain TikTok, beberapa di antaranya juga merupakan aplikasi yang tergolong populer, seperti WeChat, hingga game Mobile Legends.

Menurut pemerintah India, puluhan aplikasi ini dinilai telah menimbulkan kekhawatiran dari serta berpotensi mengancam keamanan data negara.

“Tim Tanggap Darurat telah menerima banyak pernyataan dari warga mengenai keamanan data dan pelanggaran privasi yang berdampak pada ketertiban umum,” tulis Kementerian Teknologi Informasi India melalui keterangan tertulis.

Lebih lanjut, Pemerintah India mengklaim bahwa langkah pemblokiran puluhan aplikasi tersebut dapat melindungi privasi dan keamanan data masyarakatnya.

Hal ini menjadi pukulan telak bagi TikTok. Sebab, India merupakan salah satu pasar dengan jumlah pengguna TikTok yang besar.

Pada akhir 2019 lalu, diperkirakan ada sebanyak 200 juta pengguna aktif TikTok setiap bulan di India.

Sebelumnya, India juga sempat mempermasalahkan aplikasi telekonferensi Zoom. Pada 16 April 2020 lalu, Pemerintah India membatasi penggunaan Zoom di negaranya karena alasan keamanan data.

India bukan satu-satunya negara yang menentang peredaran aplikasi China pada negaranya. Beberapa negara seperti Taiwan dan Jerman diketahui juga sudah lebih dulu melakukan langkah serupa.

Apa pendapatmu?

Promot Content

Simak Juga
close