in

Singkirkan 5 Barang Ini Kalau Enggak Mau WiFi Lemot

Jakarta – Kerja dari rumah atau work from home (WFH) pasti membutuhkan koneksi internet. Kalau jaringan internet lemot atau ngadat sudah pasti bikin jengkel. 

Berbeda dari perangkat lainnya, sinyal WiFi punya keunggulan karena bisa memberikan koneksi internet yang cepat dan stabil. Namun, jika salah menempatkan perangkat WiFi, maka koneksi internet bisa jadi lemot. Kenapa bisa begitu?

Setidaknya ada lima barang yang membuat sinyal WiFi dan koneksi internet jadi lemot, berikut barang-barang tersebut yang dirangkum Tagar dari berbagai sumber, Rabu, 1 April 2020.

  1. Microwave 

Alat elektronik yang satu ini biasa kita gunakan untuk sekedar menghangatkan makanan secara praktis.

Sistem kerja microwave adalah dengan mengalirkan gelombang sinyal kuat sebesar 2,4GHz. Sinyal ini nyatanya mampu mengganggu router WiFi yang berada di rumah. 

Untuk mengatasi ini, kalian bisa menjauhkan router kalian dari benda-benda berbahan logam.

  1. Lemari Es (Kulkas)

Kita juga perlu paham kalau sinyal WiFI bisa dilemahkan oleh air. Nah, di dalam lemari es ada sejumlah komponen pipa yang berfungsi untuk mengalirkan air pendingin. 

Walaupun jumlahnya tidak besar, tapi aliran air ini juga punya potensi melemahkan sinyal. Selain lemari es, barang lain seperti dispenser air minum juga punya potensi yang sama.

  1. Cermin 

Menurut penelitian, ternyata cermin juga bisa memantulkan sinyal yang dipancarkan oleh routerWiFi.

Saat didekatkan dengan router WiFi, cermin bisa bertindak sebagai perisai dan membuat sinyal WiFi terpental. Akibatnya penyebaran sinyal jadi tidak beraturan dan melambat.

  1. Lampu Tumbler 

Jenis lampu yang satu ini sering digunakan sebagai penghias ruangan karena punya warna yang menarik. Namun, di balik menariknya lampu tumbler, ternyata lampu ini bisa melambatkan sinyal WiFi. 

Di dalam lampu tumbler terdapat chip yang memiliki kekuatan medan magnet yang berinteraksi dengan gelombang listrik. Chip ini bisa menghambat penyebaran sinyal WiFi di dalam rumah kita.

  1. Marmer, Beton atau Batu Bata 

Benda-benda ini pastinya ada di rumah. Biasanya gangguan bisa terjadi pada bangunan rumah dua lantai. Material-material tebal ini bisa menghambat penyebaran sinyal ke seluruh penjuru rumah. 

Nah, pastikan benda-benda tersebut letaknya jauh dari router WiFi, sehingga koneksi internet bisa lebih cepat dan tidak lemot lagi

Sumber : tagar.id

Rekomendasi

Megawati: Ideologi PDI-P adalah Pancasila 1 Juni 1945

Kagum Kecantikan Ashanty Saat Berusia 19 Tahun, Deddy Corbuzier: Untung Saya Tidak Jatuh Cinta