in

Kabar Gembira!!! Nasabah PNM Mekaar Bisa Ajukan Kredit KUR BNI Sampai Rp500 Juta, Simak Dan Syaratnya Disini

Fajar.ikhtisar.net – Disaat ini Indonesia masih dilanda wabah Covid-19, seperti yang kita ketahui bahwa para pelaku usaha mikro merupakan kalangan yang paling merasakan dampaknya.

Pemerintah melakukan berbagai upaya agar para pelaku usaha mikro masih tetap bertahan salah satunya dengan memberikan perhatian besar dalam penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) pada 2021.

Dimana Pemerintah menambah plafon penyaluran KUR 2021 ini menjadi Rp253 triliun, yang mana KUR ini lebih tinggi dari tahun sebelumnya yang hanya sebesar Rp220 triliun. Bukan hanya itu saja Pemerintah kembali memberikan tambahan subsidi bunga sebesar 3 persen.

Dengan adanya plafon KUR yang bertambah, kuota KUR lembaga penyalur juga meningkat, salah satunya PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.

Dimana Bank BNI memperoleh kuota KUR Rp32 triliun pada 2021, atau bertambah Rp10 triliun dari jatah yang diberikan pada tahun 2020. Perlu diketahui bahwa sepanjang tahun 2020, Bank BNI berhasil menyalurkan KUR Rp21,3 triliun.

Untuk KUR BNI 2021 ini bisa memberikan dana pinjaman pelaku usaha mikro total Rp500 juta dengan tenor yang bisa disesuaikan untuk pemakaian kredit.

Seperti dilansir dari kur.ekon.go.id/bank-bni, fasilitas kredit BNI KUR diberikan hingga maksimal Rp500 juta dengan jangka waktu pengembalian hingga 3 tahun untuk Kredit Modal Kerja dan 5 tahun untuk Kredit Investasi.

Kredit ini hanya diperuntukkan bagi usaha produktif di sektor usaha pertanian, perikanan, industri pengolahan, perdagangan, serta jasa-jasa yang diatur dalam ketentuan pemerintah terkait KUR Mikro.

Suku bunga kredit modal kerja dengan angsuran dan kredit investasi maksimal sebesar 6 persen efektif anuitas per tahun. Jangka waktu kredit modal kerja maksimal 3 tahun dan kredit investasi maksimal 5 tahun.

Bagi kalian yang ingin mengajukan KUR untuk mengembangkan usaha, bisa simak syarat pengajuan pinjaman KUR BNI 2021 dibawah ini;

1. Kriteria pemohon

Individu/perseorangan atau badan usaha dalam hal ini Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), anggota keluarga dari karyawan/karyawati yang berpenghasilan tetap atau bekerja sebagai Tenaga kerja Indonesia (TKI), TKI yang purna dari bekerja di luar negeri, dan pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), yang melakukan usaha produktif dan layak namun belum memiliki agunan tambahan atau agunan tambahan belum cukup.

2. Perizinan usaha

Individu/perseorangan atau Badan usaha perorangan: minimal Surat Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) yang diterbitkan Pemerintah Daerah dan/atau surat keterangan usaha dari Kelurahan setempat atau surat izin lainnya. Badan usaha diluar butir a di atas mengacu ketentuan BNI.

3. Kualitas Kredit Bank (jika ada) adalah lancar.

4. Pengalaman usaha minimal 6 (enam) bulan.

5. Usia pemohon (khusus untuk pemohon individu / perserorangan) minimal 21 tahun atau belum berusia 21 tahun tetapi sudah menikah.

6. Tidak sedang menerima kredit produktif dari Perbankan dan/atau tidak sedang menerima kredit program dari Pemerintah (kecuali KUR).

7. NPWP : Tidak disyaratkan.

8. Jaminan: Tidak diwajibkan jaminan tambahan.

Persyaratan Umum :

Warga Indonesia (WNI)

Usaha telah berjalan minimal 6 bulan

Perorangan

– Fotokopi KTP el (E-KTP) dan Kartu Keluarga

– Fotokopi surat nikah (bagi yang sudah menikah)

– Surat ijin usaha (SIUP, TDP, SITU, HO) atau keterangan usaha dari kelurahan / kecamatan

– Fotokopi dokumen jaminan utuk kredit di atas Rp 25 juta*

– Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) untuk kredit diatas Rp 50 juta

Badan Usaha

– Fotokopi KTP el (E-KTP) dan Kartu Keluarga

– Surat izin usaha (SIUP, TDP, SITU, HO) atau keterangan usaha dari kelurahan / kecamatan

– Fotokopi dokumen jaminan utuk kredit di atas Rp 25 juta*

– Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) untuk kredit diatas Rp 50 juta

(*) Bukti kepemilikan tanah, IMB dan PBB, BPKB

Demikianlah informasi yang bisa Admin sampaikan tentang KUR BNI 2021. Semoga bermanfaat.

SIMAK JUGA

Inilah Build Dan Emblem Esmeralda Mobile Legends Terbaik Dan Tersakit, Hero Mage Exp Lane Mematikan