in

Aplikasi Tiktok Cara Edit Caption dengan Mudah dan Praktis, Praktekkan Yuk!

aplikasi tiktok

Aplikasi Tiktok menjadi salah satu jejaring sosial yang cukup populer di kalangan banyak orang, mulai dari generasi muda, hingga dewasa. Kepopuleran Tiktok bukan tanpa alasan, sebab Aplikasi Tiktok menawarkan banyak fitur unggulan yang bisa menunjang performa pengguna memanfaatkan aplikasi ini. Anda yang suka main aplikasi ini, yuk intip cara edit caption Tiktok!

Salah satu hal yang paling sering ditanyakan oleh pengguna Tiktok (Tiktokers) yaitu mengenai cara edit caption Tiktok. Bukan tidak mungkin setelah video berhasil dipublikasi, tiba-tiba pengguna merasa caption yang sudah ditulis kurang menarik, kurang nyambung, bahkan kurang cocok.

Jangan bingung jika posisi Anda sekarang juga masih kesulitan untuk mengedit caption Aplikasi Tiktok yang sudah berhasil dipublikasi. Admin akan memberikan tutorial paling jitu yang bisa Anda jadikan alternatif mengedit caption agar lebih menarik, nyambung, dan cocok. Simak penjelasan di bawah ini!

Alternatif Cara Edit Caption Aplikasi Tiktok yang Sudah Dipublikasi

Sebenarnya wajar jika sebagai Anda merasa kebingungan untuk mengedit caption video aplikasi Tiktok yang sudah dipublikasi. Admin pun menyayangkannya, karena aplikasi Tiktok tidak menyediakan opsi langsung agar pengguna bisa mengedit caption yang sudah dipublikasi. Ikuti tutorial di bawah ini dan jangan khawatir harus merekam ulang video.

aplikasi tiktok
  • Proses Edit Caption aplikasi Tiktok

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah proses edit caption. Meskipun tidak tersedia menu/ opsi khusus dalam aplikasi, Anda bisa melakukannya secara manual. Yakni, dengan membuka satu per satu video yang ingin Anda edit captionnya. Agar lebih jelas, berikut tutorialnya.

  • Buka Aplikasi Tiktok yang Dilanjutkan Dengan Klik Menu “me”

Silakan Anda membuka aplikasi Tiktok. Ada beberapa menu pilihan pada halaman pertama aplikasi. Anda cukup pilih menu “me” (dalam pilihan bahasa Inggris) maupun menu “saya” (dalam Pilihan bahasa Indonesia).

  • Pilih Video yang Ingin Anda Edit Captionnya

Dari menu “me” atau “saya” tadi, akan muncul kumpulan video Anda yang sudah berhasil dipublikasi. Ibaratnya inilah galeri aplikasi Tiktok milik Anda. Anda bisa memilih video mana yang ingin diedit captionnya. Caranya, cukup ketuk video yang ingin Anda edit captionnya.

  • Pilih Menu yang Ada Ikon Tiga Titik Vertikal

Langkah selanjutnya yaitu Anda bisa memilih menu ikon tiga titik vertikal. Ikon ini ada di sisi kanan bagian bawah. Lakukan pembaruan caption dan sesuaikan dengan kata-kata yang lebih menarik, nyambung, dan cocok menurut Anda. 

  • Simpan Video dan Tunggulah Proses Penyimpanannya

Jika Anda rasa sudah mantap dengan caption terbaru dan yakin untuk memposting ulang, langsung saja simpan video baru tersebut. Untuk proses penyimpanannya tidak memerlukan waktu terlalu lama. Jadi tunggulah sebentar hingga video berhasil disimpan.

  • Kirim Ulang Video Baru yang Sudah Anda Ganti Captionnya

Meskipun proses penyimpanan video terbaru yang Anda lakukan sudah berhasil, tetapi Anda tetap perlu melakukan proses lanjutan. Video dengan caption terbaru tidak bisa secara otomatis terposting. Anda perlu menggahnya sekali lagi. Caranya, sama saat Anda memposting video baru aplikasi Tiktok pada umumnya. Simak tutorialnya berikut ini.

  • Klik Simbol “+” dan Pilih Menu “Upload/ Unggah”

Dari halaman utama aplikasi Tiktok, ada simbol “+” di bagian bawah aplikasi. Anda bisa memilih klik simbol “+” dan lanjutkan pilih menu “upload”. Menu tersebut letaknya di bagian sudut kanan. Carilah sampai ketemu.

  • Pilih Video yang Ingin Anda Posting

Anda akan dibawa ke halaman penyimpanan video-video yang telah dibuat. Pilih video yang ingin Anda unggah kembali. Kemudian, klik menu “selanjutnya” yang ada di sudut kiri bagian bawah.

  • Tambahkan Elemen-Elemen yang Anda Butuhkan, Kemudian Posting

Jika dirasa perlu untuk menambahkan elemen-elemen pendukung, Anda bisa menambahkannya terlebih dahulu. Cara menambahkan elemen-elemen dengan klik menu “selanjutnya” yang terletak di sudut kanan atas. Misalnya, Anda bisa menambahkan text, efek, stiker, dan lainnya. Kemudian, klik posting.

  • Hapus Video yang Captionnya Salah

Langkah terakhir, Anda harus menghapus video yang captionnya salah. Sebab, tidak mungkin kan jika Anda membiarkan 2 video terpublikasi di akun Anda, walaupun captionnya berbeda? Maka dari itu, salah satunya harus Anda hapus. Cara menghapusnya juga mudah, ikuti tutorial berikut ini.

  • Buka Beranda Aplikasi Tiktok dan Klik Menu “Me/ Saya”

Buka kembali aplikasi Tiktok. Saat di berAnda, cari menu “me” atau “saya”. Tidak sulit untuk menemukan menu “me” atau “saya”. Menu tersebut terletak di sudut kanan bagian bawah.

  • Pilih Video Tiktok yang Ingin Anda Hapus

Lihat koleksi video aplikasi Tiktok Anda dan silakan pilih video yang ingin Anda hapus. Hati-hati ya, karena ada 2 video sama dengan caption berbeda. Jadi, jangan sampai salah menghapus videonya. Jika salah, Anda harus mengulangi prosesnya kembali dari awal.

  • Klik Menu “Hapus” dan Konfirmasi

Kemudian, lihatlah ikon tiga garis vertikal yang ada di sebalah kanan video yang ingin Anda hapus tadi. Pilih ikon tiga garis vertial dan gulir kursornya ke kanan. Ketika Anda menemukan menu “hapus”, silakan Anda klik menu tersebut.

Maka, akan muncul pesan pop up, yang mana isinya konfirmasi, “apakah Anda serius ingin menghapus video tersebut”. Jika serius, silakan klik “Ya”. Video dengan caption salah berhasil Anda hapus dan hanya tersisa publikasi video dengan caption terbaru.

Rangkuman Cara Edit Caption Aplikasi Tiktok

Sulit atau tidak cara edit caption aplikasi Tiktok mengikuti tiga langkah di atas? Tidak sulit ya. Mungkin hanya sedikit ribet. Dikarenakan Anda harus menjalankan prosesnya secara manual. Secara keseluruhan, Admin akan merangkum tiga langkah di atas.

  • Anda harus menyimpan video dengan caption salah terlebih dahulu sebagai back up an.
  • Kemudian, Anda harus mengunggah ulang video yang telah disimpan dengan caption baru.
  • Terakhir, Anda harus menghapus video dengan caption salah. Sebab, jika tidak dihapus akan ada 2 video terpublikasi di akun aplikasi Tiktok, dengan caption berbeda.

Jika Anda mengikuti semua langkahnya dengan benar, Admin jamin tidak akan membutuhkan waktu terlalu lama untuk mengganti caption yang salah. Yang penting, Anda harus menyiapkan caption terbaru dulu agar tidak menghabiskan waktu berpikir sebelum menerapkan tutorial di atas.

Sebarkan selalu konten-konten berfaedah. Jangan sampai Anda menjadi kreator yang suka menyebarkan konten-konten negatif. Jika Anda bisa bijak menggunakna media aplikasi Tiktok, Anda pun akan memperoleh banyak kebaikan. Misalnya, Tiktok bisa untuk branding diri, mempromosikan bisnis, mengembangkan pemasaran, memperbaiki mood, mengekspresikan diri, mengatasi masalah mental, dan lain-lain.

Namun sebaliknya, jika Anda tidak bijak dalam menggunakan media Tiktok, dampak negatif sudah menanti Anda. Misalnya, Anda hanya buang-buang waktu, jika sebagai pelajar akan mudah kecanduan aplikasi Tiktok dan membuat malas belajar, bahkan bisa mengorbankan diri sendiri dari cacian netizen +62. Satu hal lagi, jika Anda merasa kurang piawai untuk menerapkan tutorial cara edit caption aplikasi Tiktok di atas, Anda bisa meminta tolong kepada teman atau saudara. Bisa juga alternatif lainnya Anda membuat permohonan kepada pihak Tiktok melalui pesan email ke feedback@tiktok.com atau ke laman websitenya www.tiktok.com , agar pihak developer memperhitungkan penambahan fitur tersebut.

Rekomendasi

Inilah Perubahan Clash Squad di Update FF Agustus 2021!

Berikut Ini Penyampaian Resmi Dari Presiden Jokowi, Siap-siap Pencairan BLT UMKM Lewat BRI, BNI dan PNM Mekar Segera Dimulai Agustus 2021, Siapkan Hp dan KK